Alat peraga ular tangga matematika

Alat peraga ular tangga matematika|cara buat, alat peraga, ular tangga matematika
Alat Peraga Ular Tangga Matematika
alat-peraga-ular-tangga-matematika
SEJARAH SINGKAT ALAT PERAGA 
Alat peraga “Ular Tangga Matematika” ini sengaja saya pilih dan saya buat karena melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan oleh siswa. Jadi siswa akan menggunakan proses matematika dalam permainan ini yaitu Perkalian, Pembagian, Penjumlahan, dan Pengurangan pada bilangan pecahan. Ular tangga adalah Permainan anak–anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih, Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah “tangga” atau “ular” yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini diciptakan pada tahun 1870. Manfaat yang didapatkan antara lain, siswa dapat mengetahui cara mengoperasikan bilangan pecahan, mengajarkan sikap kerja sama, toleransi, disiplin, jujur, bertanggung jawab dan masih banyak yang lainnya. Dengan alat peraga matematika diharapkan siswa lebih memahami materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan karena pembelajaran pada materi ini dapat menggunakan media / alat peraga. 

VARIANS (PERBEDAAN ALAT PERAGA DENGAN ANGGOTA LAIN) 
Perbedaan alat peraga ini terletak pada bentuknya, alat peraga yang saya buat berbentuk meja dan soal pada ular tangga ini saya membuat dengan materi Pengoperasian perpangkatan dan akar, sedangkan anggota yang lain materinya Bangun Ruang dan Operasi hitung bilangan bulat. 

ALAT DAN BAHAN 
1. Netbook 
2. Printer 
3. Software Photoshop dan CorelDraw 
4. Dadu 
5. Pion ular tangga 
6. Meja Belajar ukuran 50 x 35 cm 
7. Lem double tip 

CARA MEMBUAT 
1. Menentukan subbab materi Operasi Perpangkatan dan Akar yang akan digunakan: 
2. Mendesign papan ular tangga dengan software Photoshop atau CorelDraw 
3. Print out lembar kerja hasil design dengan menggunakan kertas ArtCover. 
4. Tempelkan Artcover ular tangga matematika pada meja belajar ukuran 50 cm x 35 cm dengan menggunakan double tip. 
5. Untuk bagian penutup pada Artcover meja tempelkan plastik bening taplak meja dengan menggunakan double tip. 
6. Jadilah Alat peraga Ular Tangga Matematika dengan media Meja Belajar. 

CARA MENGGUNAKAN 
1. Permainan ini dimainkan oleh dua orang siswa atau lebih. 
2. Dadu dikocok secara bergiliran. 
3. Dadu digunakan untuk mengetahui soal nomor berapa yang harus dikerjakan pemain tersebut sesuai langkah yang didapat. 
4. Apabila pemain salah atau tidak bisa menjawab soal tersebut maka pemain tetap berdiri pada tempat semula. 
5. Apabila pemain berhenti di tempat yang ada tangga maka pemain bisa naik asalkan pemain mampu menjawab soal yang ada pada tangga. 
6. Apabila pemain berhenti di tempat ada ular maka pemain harus turun, tanpa menjawab soal 
7. Pemain yang pertama di finish dialah pemenangnya

KELEBIHAN 
Alat peraga ini dapat memudahkan siswa untuk mengenal Bilangan Pecahan dan Melatih siswa untuk mengembangkan pemahaman tentang Operasi Hitung Bilangan Pecahan, Mengajarkan sikap kerja sama, toleransi, disiplin, jujur, dan bertanggung jawab dan dapat membuat siswa menjadi aktif.

KEKURANGAN 
Kekurangan dari alat peraga ini yaitu membutuhkan waktu yang cukup banyak. 

LEVEL KOGNITIF PEMAHAMAN 
Memahami konsep dalam menyelesaikan dan menyederhanakan operasi hitung bilangan pecahan setelah menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga tersebut. 

PENGETAHUAN 
mengetahui konsep dari penggunaan materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan, dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan. 
APLIKASI 
Setelah memahami dan mengetahui konsep dari penggunaan materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan menggunakan alat peraga Ular Tangga Matematika ini, maka siswa diharapkan dapat mengaplikasikan pemahaman konsep penggunaan ular tangga matematika ini tersebut dalam kehidupan sehari – hari.
ANALIS Setelah memahami, mengetahui dan dapat mengaplikasikan konsep penggunaan bilangan pecahan ini, siswa dapat menentukan, menyederhanakan, dan mengoperasikan bilangan pecahan pada alat peraga ular tangga matematika ini dengan materi Operasi Hitung Bilangan Peacahan. 

JENJANGALAT PERAGA TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET 
Jenjang penggunaan alat peraga ini yaitu untuk Siswa Sekolah Dasar khususnya untuk siswa Kelas IV dan V yang sedang belajar materi Bilangan Pecahan. Tetapi alat peraga ini tidak hanya dapat dipergunakan di SD, dapat juga di pergunakan di SMP, dan SMA namun untuk jenjang SD alat peraga ini sebagai pengenalan operasi hitung bilangan pecahan. Seperti pada teori perkembangan kognitif Jean Piaget diharapkan para siswa dapat beradaptasi 105 dengan menginterpretasikan objek disekitarnya dan bagaimana siswa dapat mempelajari cici – ciri dan fungsi dari objek tersebut seperti alat peraga Ular Tangga Matematika ini. 

KEMAMPUAN MATEMATIKA YANG DAPAT DIKEMBANGKAN 
Dengan menggunakan alat peraga, kemampuan matematika yang dapat dikembangkan dapat mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran karena dalam proses pembelajaran dengan bantuan media dapat mempertinggi kegiatan belajar siswa dalam tenggang waktu yang cukup lama. Selain itu, dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dan membantu mengembangkan kemampuan siswa yang sempurna secara fisik, intelektual dan emosional.
close